Tuesday 16 December 2014

Jelaskan proses pengolahan bahan rempah simplisia?

Proses pengolahan bahan rempah yang banyak dilakukan antara lain berupa simplisia, oleoresin, jahe instan, dan banyak lagi produk tradisional yang lain.
a) Simplisia 
Simplisia berdasarkan kodifikasi peraturan perundang-undangan obat tradisional adalah bahan alamiah yang digunakan sebagai obat melalui proses yang sederhana yaitu proses pengeringan. Kadar air dari simplisia berkisar antara 8-10 % dimana pada kadar air tersebut, bahan cukup aman dari pencemaran baik oleh jamur maupun mikroba. Proses pengeringan yang dilakukan melalui penjemuran atau menggunakan aliran udara panas. Bahan rempah yang dibuat menjadi simplisia misalnya jahe, kunyit, kencur, temulawak dan lain-lain.

Proses awal pembuatan simplisia dimulai dengan tahap pencucian bahan. Pencucian ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang melekat pada bahan. Proses berikutnya adalah pengecilan ukuran dengan cara mengiris rimpang dengan ketebalan 7-8 mm. Selanjutnya irisan rimpang dijemur di panas matahari hingga kadar air mencapai 8-10 %. Pengeringan dengan sinar matahari sebaiknya dilakukan dalam rumah pengering yang tertutup tetapi sinar matahari dapat menembus ke dalamnya. Rumah pengering ini dibuat sedemikian rupa sehingga menjamin terjadinya sirkulasi udara misalnya melengkapinya dengan blower atau dibuat ventilasi. Jika tidak menggunakan rumah pengeringan, penjemuran dengan sinar matahari dapat menggunakan rak yang ditutup dengan plastik dan harus dibuat sedemikian rupa untuk menjamin sirkulasi udara.

Tanda umum yang dapat digunakan untuk mengetahui bahwa kadar air simplisia kurang dari 10 % yaitu simplisia yang telah dihasilkan mudah untuk dipatahkan. Alas yang dipakai untuk menjemur rimpang cukup sederhana dan hanya memerlukan lantai jemur, yang umum digunakan adalah lantai penjemuran dari semen dan rak penjemuran dari kayu atau bambu. Rimpang jahe yang akan dijemur di sebar secara merata dan pada saat tertentu dibalik agar panas merata dan rimpang tidak retak.

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses penjemuran adalah ketebalan tumpukan dari jahe agar proses pengeringan dapat efektif. Penjemuran dengan sinar matahari memiliki kelemahan dimana kita tidak dapat mengontrol suhu dan kelembaban, tergantung keadaan cuaca sehingga yang beresiko pengeringan berlangsung lama dan bahan mudah tercemar akibat lama kontak dengan udara luar. Selain dengan cara penjemuran, proses pengeringan ini dapat menggunakan oven pengering. Kelebihan dari penggunaan oven ini adalah kemudahan dalam mengontrol suhu dan kelembaban sehingga dharapkan waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringan lebih singkat dibandingkan dengan cara penjemuran. Pengeringan dengan menggunakan oven juga dapat meminimalkan resiko kontaminasi karena pada saat pengeringan, bahan tidak kontak dengan udara luar.

No comments:

Post a Comment