Thursday 13 November 2014

Cara Membuat Asbak Dari Tanah Liat

Bagaimana cara membuat kearajiann yang kreatif dengan memanfaatkan bahan alam yang ada disekitar kita karena seperti yang kita tahu banyak sekali contoh kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan alam disekitar kita contohnya seperti gerabah,terus ukiran dan lain sebagainya,cara mudah membuat kerajinan dengan tanah liat adalah dengan membuat sebuah asbak dari  bahan baku tanah liat yang bisa kita dapatkan disekitar kita,berikut dibawah ini adalah tahap-tahap dalam membuat asbak dari tanah liat

Pertama Buat Adonan Dengan bahan baku yang telah didapatkan yaitu tanah liat , untuk membuat adonan. Kita  dapat memulai dengan mencampur bahan tanah liat dengan air secukupnya.tapi perlu diingat adaonan tidak boleh terlalu encer agar mudah dalam proses pembentukanya. Tahap selanjutnya adalah membuat Bentuk Sesuai Keinginan kita  Kita  dapat berimajinasi atau membayangakan bagaimana bentuk asbak yang akan kita buat. Kita dapat membuat bentuk asbak berbeda dengan bentuk asbak pada umumnya tergantung bagaimana kita menginginkanya. Jika sudah terbentuk, pastikan permukaannya halus agar nyaman saat dipegang saat sudah jadi.
 
 
 
Kemudian Diamkan  setelah terbentuk akan lebih baik didiamkan selama kurang lebih dua hari agar hasilnya lebih bagus  . Diamkan pada tempat yang aman sambil diangin-anginkan. Setelah dua hari an tidak terdapat tanda-tanda keretakkan berarti hasilnya akan bagus.

Kemudian tahap selanjutnya yaitu proses pembakaran,pada tahap ini diperlukan proses pembakaran yang maksimal agar hsailnya nanti  bagus ,pembakaran dilakukan dengan bahan bakar kayu atau batu bara selama kurang lebih 14 jam agar bisa kering dan matang.setelah proses pembakaran selesai kemudian tahap selanjutnya adalah pengecatan atau pemberian warna dalam hal ini bisa diberikan warna sesuia dengan keinginan masing-masing bisa juga diberikan sedikit gambar atau tulisan agar sedikit lebih menarik.
Untuk bahan cat kita bisa mendapatkanya ditoko-toko bangunan banyak tersedia tinggal pilih saja warna yang disukai. Cara membuat asbak seperti diatas bisa dipraktekkan oleh siapa saja dengan memanfaatkan bahan tanah liat dan kerjinan ini juga bisa jadi peluang untuk usaha karena asbak juga cukup lagu dipasaran apalagi jika karya kita beda dengan yang lainya pasti akan terlihat lebih menarik dan punya nilai jual yang tinggi.

No comments:

Post a Comment