Thursday 13 November 2014

apakah pengertian internet dan intranet?

Dunia teknologi internet yang berkembang pesat saat ini memang berperan penting dalam menunjang pembangunan suatu negara karena dengan teknologi memudahkan manusia untuk melakukan bisnis atau pekerjaan serta memberi akses kemudahan untuk mengetahui informasi yang sedang berkembang maka dari itu internet mempunyai peran penting dalam kemajuan negara.untuk memahami mengenai sejarah internet dibawah ini adalah pengertian mengenai internet dan intranet
 
1 . Pengertian Internet 
 Internet di ciptakan pada 1970-an , Istilah internet berasal dari bahasa latin ‘’inter’’ yang berati antara’’. Secara kata per-kata, internet berate  jaringan antar penghubung. Contoh jaringan computer yang paling sering di temukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menhubungkan computer-komputer yang berda dalam suatu areal atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, perusahaan, warenet, dan lain-lain.
 
 2. Pengertian Intranet 
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan computer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protocol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan internet memiliki fasilitas yang di miliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya.
Internet sangat mudah diterapkan, dipelajari,dikembangkan,dan konfigurasi ulang. Salah satu hal yang terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan ( network security ). Isu ini sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi  komersial yang  dipakai  bersifat  umum (public service communication network ).
Dalam perkembangan nya, VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah internet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan internet. Internet dan perkembangan perusahaan akan berkembang sesuai dengan perusahaan tersebut.

Dari pengertian diatas mengenai internet dan intranet maka kita dapat memahami bahwa internet adalah sebuah jaringan yang diciptakan untuk memudahkan manusia pekerjaan manuisa dalam melakukan aktifitas pekerjaanya.

No comments:

Post a Comment